Selasa, 01 Mei 2012


Mode

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

"Following the Fashion," sebuah karikatur oleh James Gillray.'Mode' atau 'Fashion' adalah gaya berpakaian (tetapi juga dapat termasuk masakan, bahasa, seni, arsitektur) yang populer dalam suatu budaya. Menurut Kamus Besar, Fashion atau mode juga disebut sebagai ragam (cara, bentuk) yg terbaru pd suatu waktu tertentu (tata pakaian, potongan rambut, corak hiasan, dsb) (nomina). Gaya dapat berubah dengan cepat. Fashion atau mode yang dikenakan oleh seseorang mampu mecerminkan siapa si pengguna tersebut.Fasion (Mode)
Seperti yang di kutip oleh Idi Subandi Ibrahim (peneliti media dan kebudayaan pop dalam pengantar buku Malcolm Barnard, fashion dan komunikasi: 2007): Thomas Carlyle mengatakan,”pakaian adalah perlambang jiwa”. Masih menurut Idi: “pakaian tak bisa di pisahkan dari perkembangan sejarah kehidupan dan budaya manusia”. Fashion bisa di metafora kan sebagai kulit sosial. Yang didalamnya membawa pesan dan gaya hidup suatu komunitas tertentu yang adalah suatu bagian dari kehidupan sosial. Di samping itu fashion juga mengekspresikan suatu identitas tertentu.

[sunting]Fashion dan Lifestyle

Fashion yang dipilih seseorang bisa menunjukkan bagaimana seseorang tersebut memilih gaya hidup yang dilakukan. Seseorang yang sangat fashionable, secara tidak langsung mengkonstruksi dirinya sebagai seseorang dengan gaya hidup modern dan selalu mengikuti trend yang ada. Hal ini menunjukkan bahwa dalam dunia modern gaya hidup kita membantu untuk menentukan sikap dan nilai-nilai serta menunjukkan kekayaan kita dan posisi sosial.

[sunting]Fashion dan Komunikasi

Malcolm Barnard dalam bukunya Fashion sebagai komunikasi, memulai pengertiannya mengenai fashion dengan mengacu pada Oxford English Dictionary (OED). Menurut Malcolm: “Etimologi kata ini terkait dengan bahasa latin, Factio, yang artinya membuat”. Karena itu, arti asli fashion adalah sesuatu kegiatan yang di lakukan seseorang, tidak seperti dewasa ini yang memaknai fashion sebagai sesuatu yang dikenakan seseorang.
Fashion bisa juga di definisikan sebagai sesuatu seperti bentuk dan jenis tata cara atau cara bertindak tertentu. Polhemus dan Procter menunjukan bahwa “dalam masyarakat kontemporer barat, istilah fashion kerap di gunakan sebagai sinonim dari istilah dandanan, gaya dan busana” (Malcolm Barnard, Fashion sebagai komunikasi).

[sunting]Kota Fashion

Beberapa kota dianggap sebagai pusat mode dunia. Kota tersebut adalah New YorkMilanParis, dan London.



http://www.smkn 1-rotabayat.sch.id/
 http://djogdjanesia.wordpress.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar